PAULUS di EFESUS: KISAH PARA RASUL 19:1-7
PDT. BUDI ASALI, M. DIV.
PAULUS di EFESUS: KISAH PARA RASUL 19:1-7. Kisah Para Rasul 19:1-7 - â(1) Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. (2) Katanya kepada mereka: âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?â Akan tetapi mereka menjawab dia: âBelum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.â (3) Lalu kata Paulus kepada mereka: âKalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?â Jawab mereka: âDengan baptisan Yohanes.â (4) Kata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.â (5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. (6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (7) Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.â.
I) Paulus kembali ke Efesus.
1) Paulus kembali ke Efesus dan dengan demikian ia menepati janjinya dalam Kis 18:21.
Penerapan: apakah saudara sering berjanji, baik kepada teman bisnis, atau kepada pacar / istri / anak-anak saudara, atau kepada Tuhan? Dan apakah saudara selalu menepati janji-janji itu?
Penerapan: apakah saudara sering berjanji, baik kepada teman bisnis, atau kepada pacar / istri / anak-anak saudara, atau kepada Tuhan? Dan apakah saudara selalu menepati janji-janji itu?
2) Jemaat Efesus adalah orang-orang yang:
a) Rindu mendengar Firman Tuhan (Kis 18:20).
Apakah saudara juga mempunyai kerinduan terhadap Firman Tuhan? Dan apakah kerinduan itu cukup besar untuk mendorong saudara untuk mencari Firman Tuhan, dan datang dalam acara Pemahaman Alkitab?
Apakah saudara juga mempunyai kerinduan terhadap Firman Tuhan? Dan apakah kerinduan itu cukup besar untuk mendorong saudara untuk mencari Firman Tuhan, dan datang dalam acara Pemahaman Alkitab?
b) Tidak egois / tidak memaksakan kehendak mereka, baik kepada Paulus (Kis 18:20-22), maupun kepada Apolos (Kis 18:27).
Mereka pasti menginginkan supaya Paulus / Apolos tetap bersaÂŹma mereka dan mengajar Firman Tuhan kepada mereka, tetapi mereka toh merelakan Paulus / Apolos untuk pergi dan memberiÂŹtakan Firman Tuhan kepada orang lain.
Mereka pasti menginginkan supaya Paulus / Apolos tetap bersaÂŹma mereka dan mengajar Firman Tuhan kepada mereka, tetapi mereka toh merelakan Paulus / Apolos untuk pergi dan memberiÂŹtakan Firman Tuhan kepada orang lain.
Tuhan tentu melihat semua itu, dan karena itu Tuhan justru selalu memberkati mereka dengan hamba Tuhan yang mengajarkan Firman Tuhan kepada mereka. Pada waktu Paulus meninggalkan mereka, maka Apolos masuk ke Efesus untuk mengaÂŹjar Firman Tuhan di sana. Pada waktu Apolos meninggalkan mereka, maka Tuhan mengembalikan Paulus ke sana untuk mengajar Firman Tuhan kepada mereka!
Penerapan: Adalah sesuatu yang baik kalau saudara rindu pada Firman Tuhan, tetapi janganlah saudara lalu menjadi egois dengan menghendaki hamba Tuhan yang baik HANYA untuk diri saudara sendiri. Jadilah seperti jemaat Efesus dalam hal ini, maka Tuhan pasti akan memberikan Firman Tuhan kepada saudara!
3) Di Efesus, Paulus bertemu dengan beberapa orang âmuridâ (ay 1).
Ay 1: âKetika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.â.
Ay 1: âKetika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.â.
a) Mereka pasti adalah orang-orang Yahudi, karena mereka dibapÂŹtis dengan baptisan Yohanes (ay 3).
Ay 3: âLalu kata Paulus kepada mereka: âKalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?â Jawab mereka: âDengan baptisan Yohanes.ââ.
Ay 3: âLalu kata Paulus kepada mereka: âKalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?â Jawab mereka: âDengan baptisan Yohanes.ââ.
b) Asal usul mereka tidak terlalu jelas. Ada beberapa kemungkinan:
1. Mereka âbertobatâ karena ajaran Yohanes Pembaptis sendiri.
2. Mereka adalah teman-teman Apolos / orang-orang yang segrup dengan Apolos, dan mungkin sama-sama datang dari Alexandaria.
3. Mereka adalah orang-orang yang âbertobatâ karena penginjilan yang kurang sempurna dari Apolos, yang pada waktu itu mempunyai pengertian yang kurang tentang dasar-dasar kekristenan (Kis 18:25-26).
Saya mempunyai kecondongan bahwa pandangan ke 3 inilah yang benar. Alasan saya: Kis 18:24-28 diceritakan untuk menjelaskan mengapa ada âmuridâ seperti ini dalam Kis 19:1-7, atau sebaliknya, Kis 19:1-7 diceritakan untuk menunjukkan hasil dari pelayanan Apolos dalam Kis 18:25-26.
1. Mereka âbertobatâ karena ajaran Yohanes Pembaptis sendiri.
2. Mereka adalah teman-teman Apolos / orang-orang yang segrup dengan Apolos, dan mungkin sama-sama datang dari Alexandaria.
3. Mereka adalah orang-orang yang âbertobatâ karena penginjilan yang kurang sempurna dari Apolos, yang pada waktu itu mempunyai pengertian yang kurang tentang dasar-dasar kekristenan (Kis 18:25-26).
Saya mempunyai kecondongan bahwa pandangan ke 3 inilah yang benar. Alasan saya: Kis 18:24-28 diceritakan untuk menjelaskan mengapa ada âmuridâ seperti ini dalam Kis 19:1-7, atau sebaliknya, Kis 19:1-7 diceritakan untuk menunjukkan hasil dari pelayanan Apolos dalam Kis 18:25-26.
c) Mereka adalah orang kristen KTP.
1. Memang mereka disebut âmuridâ dalam ay 1, dan dalam ay 2 Paulus mengatakan âketika kamu menjadi percayaâ.
Ay 1-2: â(1) Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang MURID. (2) Katanya kepada mereka: âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, KETIKA KAMU MENJADI PERCAYA?â Akan tetapi mereka menjawab dia: âBelum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.ââ.
2. Orang yang menganggap bahwa mereka adalah orang kristen yang sejati, menggunakan bagian ini sebagai dasar untuk mengatakan bahwa ada kemungkinan adanya âgap / selang waktuâ antara saat seseorang percaya Yesus dan saat ia menerima Roh Kudus.
Tetapi ajaran seperti ini salah, karena dari ayat-ayat di bawah ini terlihat dengan jelas bahwa penerimaan Roh Kudus harus terjadi pada saat seseorang percaya kepada Yesus.
Yoh 7:38-39 - â(38) Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.â (39) Yang dimaksudkanNya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepadaNya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.â.
Ef 1:13 - âDi dalam Dia kamu juga - karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu.â.
Kis 2:38 - âJawab Petrus kepada mereka: âBertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.â.
Gal 3:2,5 - â(2) Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? ... (5) Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?â.
3. Kata âmuridâ dan âpercayaâ memang tidak selalu menunjuk pada orang kristen sejati, karena Alkitab memang sering menggambarkan bukan sesuai fakta tetapi sesuai kelihatannya, atau sesuai pengakuan orangnya.
Yoh 6:66 - âMulai dari waktu itu banyak murid-muridNya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.â.
Kis 8:13 - âSimon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.â.
Yoh 2:23-25 - â(23) Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam namaNya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakanNya. (24) Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diriNya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, (25) dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepadaNya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.â.
4. Kalau kita tidak membedaÂŹkan orang kristen asli dan palsu dalam Kitab Suci maka kita akan mendapatkan banyak ajaran yang salah, seperti orang kristen bisa murtad / terhilang (seperti yang orang Arminian ajarkan), atau adanya selang waktu antara percaya dan menerima Roh Kudus, dsb.
5. Orang-orang Yahudi ini pasti adalah orang kristen KTP, karena dalam ay 4 Paulus, dengan menggunakan kata-kata Yohanes Pembaptis, menginjili mereka dan menyuÂŹruh mereka percaya kepada Yesus.
Ay 4: âKata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.ââ.
1. Memang mereka disebut âmuridâ dalam ay 1, dan dalam ay 2 Paulus mengatakan âketika kamu menjadi percayaâ.
Ay 1-2: â(1) Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang MURID. (2) Katanya kepada mereka: âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, KETIKA KAMU MENJADI PERCAYA?â Akan tetapi mereka menjawab dia: âBelum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.ââ.
2. Orang yang menganggap bahwa mereka adalah orang kristen yang sejati, menggunakan bagian ini sebagai dasar untuk mengatakan bahwa ada kemungkinan adanya âgap / selang waktuâ antara saat seseorang percaya Yesus dan saat ia menerima Roh Kudus.
Tetapi ajaran seperti ini salah, karena dari ayat-ayat di bawah ini terlihat dengan jelas bahwa penerimaan Roh Kudus harus terjadi pada saat seseorang percaya kepada Yesus.
Yoh 7:38-39 - â(38) Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.â (39) Yang dimaksudkanNya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepadaNya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.â.
Ef 1:13 - âDi dalam Dia kamu juga - karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu.â.
Kis 2:38 - âJawab Petrus kepada mereka: âBertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.â.
Gal 3:2,5 - â(2) Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil? ... (5) Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan
3. Kata âmuridâ dan âpercayaâ memang tidak selalu menunjuk pada orang kristen sejati, karena Alkitab memang sering menggambarkan bukan sesuai fakta tetapi sesuai kelihatannya, atau sesuai pengakuan orangnya.
Yoh 6:66 - âMulai dari waktu itu banyak murid-muridNya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.â.
Kis 8:13 - âSimon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat
Yoh 2:23-25 - â(23) Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam namaNya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakanNya. (24) Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diriNya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, (25) dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepadaNya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.â.
4. Kalau kita tidak membedaÂŹkan orang kristen asli dan palsu dalam Kitab Suci maka kita akan mendapatkan banyak ajaran yang salah, seperti orang kristen bisa murtad / terhilang (seperti yang orang Arminian ajarkan), atau adanya selang waktu antara percaya dan menerima Roh Kudus, dsb.
5. Orang-orang Yahudi ini pasti adalah orang kristen KTP, karena dalam ay 4 Paulus, dengan menggunakan kata-kata Yohanes Pembaptis, menginjili mereka dan menyuÂŹruh mereka percaya kepada Yesus.
Ay 4: âKata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.ââ.
II) Dialog Paulus dengan para murid itu.
1) Paulus bertanya: sudahkah kamu menerima Roh Kudus ketika kamu percaya? (ay 2a).
Ay 2: âKatanya kepada mereka: âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?â Akan tetapi mereka menjawab dia: âBelum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.ââ.
Ay 2: âKatanya kepada mereka: âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?â Akan tetapi mereka menjawab dia: âBelum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.ââ.
Ada 2 penafsiran tentang arti dari istilah âRoh Kudusâ di sini:
a) Istilah âRoh Kudusâ menunjuk pada karunia-karunia Roh Kudus yang bersifat mujijat (seperti karunia bahasa roh, karunia bernubuat dsb).
Alasan penafsiran ini adalah: dalam ay 2b mereka berkata bahwa mereka belum pernah mendengar tentang adanya Roh Kudus. Padahal sebagai orang Yahudi, apalagi yang dibaptis dengan Baptisan Yohanes, tidak mungkin mereka tidak pernah mendengar tentang adanya Roh Kudus, karena Roh Kudus itu ada dalam Perjanjian Lama maupun dalam ajaran Yohanes Pembaptis (bdk. Kej 1:2 Mat 3:11 Yoh 1:32-34 Yoh 3:34). Jadi, pastilah yang dimaksud dengan Roh Kudus di sini bukanlah diri dari Roh Kudus, tetapi karunia-karuniaNya yang bersifat mujijat.
Alasan penafsiran ini adalah: dalam ay 2b mereka berkata bahwa mereka belum pernah mendengar tentang adanya Roh Kudus. Padahal sebagai orang Yahudi, apalagi yang dibaptis dengan Baptisan Yohanes, tidak mungkin mereka tidak pernah mendengar tentang adanya Roh Kudus, karena Roh Kudus itu ada dalam Perjanjian Lama maupun dalam ajaran Yohanes Pembaptis (bdk. Kej 1:2 Mat 3:11 Yoh 1:32-34 Yoh 3:34). Jadi, pastilah yang dimaksud dengan Roh Kudus di sini bukanlah diri dari Roh Kudus, tetapi karunia-karunia
b) Istilah âRoh Kudusâ menunjuk kepada diri Roh Kudus.
Alasan: Paulus menanyakan pertanyaan dalam ay 2a karena ia curiga akan kekristenan dari orang-orang itu (kontext menunjukkan hal itu). Karena itu, tidak mungkin ia bertanya tentang karunia-karuniaRoh Kudus yang bersifat mujijat, karena itu bukanlah syarat orang percaya. Ia pasti bertanya tentang penerimaan Roh Kudusnya sendiri, karena penerimaan Roh Kudus terjadi pada saat orang percaya kepada Yesus (lihat ayat-ayat dalam I,3c di atas).
Alasan lain: akan terlihat nanti pada penjelasan-penjelasan selanjutnya (lihat II,3 di bawah).
Alasan: Paulus menanyakan pertanyaan dalam ay 2a karena ia curiga akan kekristenan dari orang-orang itu (kontext menunjukkan hal itu). Karena itu, tidak mungkin ia bertanya tentang karunia-karunia
Alasan lain: akan terlihat nanti pada penjelasan-penj
Saya setuju dengan pandangan yang ke 2 ini. Dan kalau pandangan ke 2 ini benar, maka ayat ini juga menunjukÂŹkan bahwa penerimaan Roh Kudus terjadi pada saat seseoÂŹrang percaya kepada Yesus.
Terjemahan Indonesia yang mengatakan âSudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?â adalah terjemahan yang kurang tepat.
Demikian juga terjemahan KJV yang berbunyi âHave ye received the Holy Ghost since ye believed?â [= Sudahkah kamu menerima Roh Kudus sejak kamu percaya?].
Kata-kata âsudahkah kamu menerimaâ memungkinkan bahwa orang itu menerima Roh Kudus beberapa saat setelah percaya.
Terjemahan yang seharusnya adalah seperti terjemahan RSV/NIV/NASB yang berbunyi: âDid you receive the Holy Spirit when you believedâ? [= Apakah kamu menerima Roh Kudus pada saat kamu percaya?].
Kata-kata âdid you receiveâ dalam bahasa Yunaninya menggunakan aorist tense, bukan perfect tense. Dan aorist tense ini menunjuk pada titik tertentu / saat tertentu pada masa lampau, dan dari kalimatnya terihat dengan jelas bahwa saat yang dimaksudkan adalah saat mereka percaya.
Demikian juga terjemahan KJV yang berbunyi âHave ye received the Holy Ghost since ye believed?â [= Sudahkah kamu menerima Roh Kudus sejak kamu percaya?].
Kata-kata âsudahkah kamu menerimaâ memungkinkan bahwa orang itu menerima Roh Kudus beberapa saat setelah percaya.
Terjemahan yang seharusnya adalah seperti terjemahan RSV/NIV/NASB yang berbunyi: âDid you receive the Holy Spirit when you believedâ? [= Apakah kamu menerima Roh Kudus pada saat kamu percaya?].
Kata-kata âdid you receiveâ dalam bahasa Yunaninya menggunakan aorist tense, bukan perfect tense. Dan aorist tense ini menunjuk pada titik tertentu / saat tertentu pada masa lampau, dan dari kalimatnya terihat dengan jelas bahwa saat yang dimaksudkan adalah saat mereka percaya.
2) Mereka menjawab: belum, bahkan kami belum pernah menÂŹdengar bahwa ada Roh Kudus (ay 2b).
Tidak mungkin mereka betul-betul tidak pernah mendengar akan adanya Roh Kudus, karena Perjanjian Lama maupun ajaran Yohanes Pembaptis banyak mengandung Roh Kudus. Lalu apa maksud jawaban mereka ini? Ada beberapa keÂŹmungkinan / penafsiran:
a) Istilah âRoh Kudusâ menunjuk pada karunia-karunia Roh Kudus yang bersifat mujijat.
b) PADA SAAT MEREKA BERTOBAT / DIBAPTIS, mereka tidak mendengar Roh Kudus disebut-sebut / diajarkan. Jadi mereka tidak pernah mendengar tentang Roh Kudus, hanya pada saat pertobatan / pembaptisan mereka, bukannya dalam sepanjang hidup mereka.
Alasan penafsiran ini: terjemahan ay 2b ini secara hurufiah berbunyi: âwe heard not if there is a Holy Spiritâ [= kami tidak mendengar jika ada Roh Kudus].
Kata âheardâ dalam bahasa Yunaninya menggunaÂŹkan aorist tense yang selalu menunjuk pada satu titik / saat tertentu di masa lampau, dan dalam hal ini menunjuk pada saat pertobatan / pembaptisan mereka.
c) Mereka belum pernah mendengar bahwa Roh Kudus telah diberikan / dicurahÂŹkan. Mereka tentu tahu ajaran Yohanes Pembaptis dalam Mat 3:11, yang mengatakan bahwa Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus. Tetapi mereka tidak tahu bahwa kata-kata itu sudah digenapi pada hari Pentakosta (Kis 2).
Arti ini sesuai dengan terjemahan dari ASV yang berbunyi: âNay, we did not so much as hear whether the Holy Spirit was givenâ [= Tidak, kami tidak mendengar bahwa Roh Kudus telah diberikan].
Kata âgivenâ [= diberikan] sebetulnya memang tidak ada, tetapi ditamÂŹbahkan dengan alasan: Yoh 7:39, yang juga berbicara tentang Roh Kudus, terjemahan hurufiahnya seharusnya adalah âfor the Spirit was not yetâ [= karena Roh itu belum ada], tetapi dalam penterjemahan juga ditambah dengan kata âgivenâ.
Bandingkan dengan terjemahan NASB: âfor the Spirit was not yet givenâ [= karena Roh itu belum diberikan].
Saya condong pada pandangan yang ke 3 ini.
Tidak mungkin mereka betul-betul tidak pernah mendengar akan adanya Roh Kudus, karena Perjanjian Lama maupun ajaran Yohanes Pembaptis banyak mengandung Roh Kudus. Lalu apa maksud jawaban mereka ini? Ada beberapa keÂŹmungkinan / penafsiran:
a) Istilah âRoh Kudusâ menunjuk pada karunia-karunia
b) PADA SAAT MEREKA BERTOBAT / DIBAPTIS, mereka tidak mendengar Roh Kudus disebut-sebut / diajarkan. Jadi mereka tidak pernah mendengar tentang Roh Kudus, hanya pada saat pertobatan / pembaptisan mereka, bukannya dalam sepanjang hidup mereka.
Alasan penafsiran ini: terjemahan ay 2b ini secara hurufiah berbunyi: âwe heard not if there is a Holy Spiritâ [= kami tidak mendengar jika ada Roh Kudus].
Kata âheardâ dalam bahasa Yunaninya menggunaÂŹkan aorist tense yang selalu menunjuk pada satu titik / saat tertentu di masa lampau, dan dalam hal ini menunjuk pada saat pertobatan / pembaptisan mereka.
c) Mereka belum pernah mendengar bahwa Roh Kudus telah diberikan / dicurahÂŹkan. Mereka tentu tahu ajaran Yohanes Pembaptis dalam Mat 3:11, yang mengatakan bahwa Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus. Tetapi mereka tidak tahu bahwa kata-kata itu sudah digenapi pada hari Pentakosta (Kis 2).
Arti ini sesuai dengan terjemahan dari ASV yang berbunyi: âNay, we did not so much as hear whether the Holy Spirit was givenâ [= Tidak, kami tidak mendengar bahwa Roh Kudus telah diberikan].
Kata âgivenâ [= diberikan] sebetulnya memang tidak ada, tetapi ditamÂŹbahkan dengan alasan: Yoh 7:39, yang juga berbicara tentang Roh Kudus, terjemahan hurufiahnya seharusnya adalah âfor the Spirit was not yetâ [= karena Roh itu belum ada], tetapi dalam penterjemahan juga ditambah dengan kata âgivenâ.
Bandingkan dengan terjemahan NASB: âfor the Spirit was not yet givenâ [= karena Roh itu belum diberikan].
Saya condong pada pandangan yang ke 3 ini.
3) Paulus bertanya: kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis? (ay 3a).
Ay 3: âLalu kata Paulus kepada mereka: âKalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?â Jawab mereka: âDengan baptisan Yohanes.ââ.
Setelah mendengar bahwa mereka belum menerima Roh Kudus dan tidak tahu bahwa Roh Kudus telah dicurahkan, maka Paulus menanyakan tentang baptisan mereka.
Bahwa Paulus tahu-tahu bertanya tentang baptisan, menunjukkan bahwa istilah âRoh Kudusâ dalam ay 2a tadi tidak berarti âkarunia-karunia Roh Kudus yang bersifat mujijatâ (karena baptisan tidak berhubungan dengan pemberian karunia-karunia Roh Kudus yang bersiÂŹfat mujijat), tetapi berarti âRoh Kudusâ sendiri (karena baptisan, tentu saja yang disertai pertobatan yang sejati, berhubungan dengan penerimaan Roh Kudus, Kis 2:38).
Kis 2:38 - âBertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu DIBAPTIS dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu AKAN MENERIMA KARUNIA ROH KUDUS.â.
Ay 3: âLalu kata Paulus kepada mereka: âKalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?â Jawab mereka: âDengan baptisan Yohanes.ââ.
Setelah mendengar bahwa mereka belum menerima Roh Kudus dan tidak tahu bahwa Roh Kudus telah dicurahkan, maka Paulus menanyakan tentang baptisan mereka.
Bahwa Paulus tahu-tahu bertanya tentang baptisan, menunjukkan bahwa istilah âRoh Kudusâ dalam ay 2a tadi tidak berarti âkarunia-karuni
Kis 2:38 - âBertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu DIBAPTIS dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu AKAN MENERIMA KARUNIA ROH KUDUS.â.
4) Mereka menjawab: dengan baptisan Yohanes (ay 3b).
a) Kalau mereka memang adalah orang-orang yang âbertoÂŹbatâ karena penginjilan dari Apolos, maka mungkin saja bahwa Apoloslah yang membaptis mereka dengan baptisan Yohanes.
b) Baptisan Yohanes memang tidak berhubungan dengan Roh Kudus.
Ini terlihat secara tidak langsung (implicit) dalam Mat 3:11 dimana Yohanes sendiri mengatakan bahwa ia hanya membaptis dengan air, tetapi akan datang Yesus yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
Mat 3:11 - âAku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.â.
Ini terlihat secara tidak langsung (implicit) dalam Mat 3:11 dimana Yohanes sendiri mengatakan bahwa ia hanya membaptis dengan air, tetapi akan datang Yesus yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
Mat 3:11 - âAku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.â.
c) Yohanes Pembaptis melayani / mengajar supaya orang banyak datang kepada Yesus (ay 4b bdk. Yoh 1:6-7,23,26-27,29-37 3:25-30,31-36), tetapi orang-orang ini bukannya datang kepada Kristus, tetapi berhenti pada diri Yohanes.
Penerapan:
1. Gereja / hamba Tuhan yang benar harus berfungsi untuk membawa orang kepada Kristus, bukan pada gereja / hamba Tuhan itu sendiri. Apakah ini betul-betul merupakan tujuan saudara dalam melayani Tuhan? Kalau Yohanes Pembaptis saja, yang betul-betul mengajar supaya orang datang kepada Kristus, ternyata bisa menyebabkan orang-orang berhenti pada dirinya, bagaimana dengan banyak orang yang tidak mengajar orang untuk datang kepada Kristus?
2. Banyak orang tidak datang kepada Kristus, tetapi hanya berhenti pada gereja / pendetanya! Bagaimana dengan saudara? Sudahkah saudara datang kepada Kristus? Ingat bahwa gereja / hamba Tuhan tidak bisa menyelamatkan saudara! Hanya Kristus yang bisa menyelamatkan saudara! Karena itu, datanglah kepada Dia!
Penerapan:
1. Gereja / hamba Tuhan yang benar harus berfungsi untuk membawa orang kepada Kristus, bukan pada gereja / hamba Tuhan itu sendiri. Apakah ini betul-betul merupakan tujuan saudara dalam melayani Tuhan? Kalau Yohanes Pembaptis saja, yang betul-betul mengajar supaya orang datang kepada Kristus, ternyata bisa menyebabkan orang-orang berhenti pada dirinya, bagaimana dengan banyak orang yang tidak mengajar orang untuk datang kepada Kristus?
2. Banyak orang tidak datang kepada Kristus, tetapi hanya berhenti pada gereja / pendetanya! Bagaimana dengan saudara? Sudahkah saudara datang kepada Kristus? Ingat bahwa gereja / hamba Tuhan tidak bisa menyelamatkan saudara! Hanya Kristus yang bisa menyelamatkan saudara! Karena itu, datanglah kepada Dia!
5) Paulus menjelaskan (ay 4).
Ay 4: âKata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.ââ.
Terjemahan ay 4a (yang saya garis-bawahi) kurang tepat!
NIV: âJohnâs baptism was a baptism of repentanceâ [= baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan].
NASB: âJohn baptized with the baptism of repentanceâ [= Yohanes membaptis dengan baptisan pertobatan].
Arti dari kata-kata Paulus dalam ay 4 ini adalah untuk menunjukkan bahwa pelayanan Yohanes Pembaptis (yang menyuruh orang-orang untuk bertobat) hanyalah mempersiapkan orang-orang saja. Sedangkan tujuannya adalah membawa orang-orang yang telah dipersiapkan itu untuk datang kepada Kristus (Mat 3:1-12).
Jadi, dengan penjelasan ini Paulus juga mendorong mereka untuk datang kepada Kristus sesuai dengan tujuan pelayanan Yohanes Pembaptis.
Ay 4: âKata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.ââ.
Terjemahan ay 4a (yang saya garis-bawahi) kurang tepat!
NIV: âJohnâs baptism was a baptism of repentanceâ [= baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan].
NASB: âJohn baptized with the baptism of repentanceâ [= Yohanes membaptis dengan baptisan pertobatan].
Arti dari kata-kata Paulus dalam ay 4 ini adalah untuk menunjukkan bahwa pelayanan Yohanes Pembaptis (yang menyuruh orang-orang untuk bertobat) hanyalah mempersiapkan orang-orang saja. Sedangkan tujuannya adalah membawa orang-orang yang telah dipersiapkan itu untuk datang kepada Kristus (Mat 3:1-12).
Jadi, dengan penjelasan ini Paulus juga mendorong mereka untuk datang kepada Kristus sesuai dengan tujuan pelayanan Yohanes Pembaptis.
Penerapan:
a) Keberanian Paulus untuk mengabarkan Injil kepada âorang kristenâ adalah sesuatu yang harus ditiru! Kalau saudara bertemu dengan orang yang sudah puluhan tahun menjadi kristen, atau seorang majelis, atau bahkan seorang pendeta, yang saudara yakini sebagai orang kristen KTP, beranikah saudara memberitakan Injil kepada dia?
b) Kalau saudara adalah orang kristen yang sejati, dan suatu waktu ada orang kristen lain yang menginjili saudara, jangan tersinggung! Saya mempunyai kecurigaan yang kuat bahwa orang kristen yang tersinggung pada waktu diinjili adalah orang kristen KTP. Kalau ada orang menginjili saudara, ingatlah bahwa orang itu sedang mentaati Tuhan, dan saudara sebetulnya harus bersyukur / bersukacita bahwa ada orang yang mentaati Tuhan dengan memberitakan Injil!
a) Keberanian Paulus untuk mengabarkan Injil kepada âorang kristenâ adalah sesuatu yang harus ditiru! Kalau saudara bertemu dengan orang yang sudah puluhan tahun menjadi kristen, atau seorang majelis, atau bahkan seorang pendeta, yang saudara yakini sebagai orang kristen KTP, beranikah saudara memberitakan Injil kepada dia?
b) Kalau saudara adalah orang kristen yang sejati, dan suatu waktu ada orang kristen lain yang menginjili saudara, jangan tersinggung! Saya mempunyai kecurigaan yang kuat bahwa orang kristen yang tersinggung pada waktu diinjili adalah orang kristen KTP. Kalau ada orang menginjili saudara, ingatlah bahwa orang itu sedang mentaati Tuhan, dan saudara sebetulnya harus bersyukur / bersukacita bahwa ada orang yang mentaati Tuhan dengan memberitakan Injil!
III) Hasil dari dialog ini.
1) Orang-orang itu dibaptis dalam nama Tuhan Yesus (ay 5).
Ay 5: âKetika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
Ay 5: âKetika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
a) Apakah ini adalah formula baptisan?
Ada gereja / hamba Tuhan yang menganggap kata-kata âdalam nama Tuhan Yesusâ di sini adalah formula baptisan, sehingga mereka lalu membaptis dengan mengucapkan: âdalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, yaitu Tuhan Yesus Kristusâ.
Ada 2 kesalahan dari kepercayaan / praktek ini:
1. Kata-kata itu salah secara theologis! Bapa, Anak, dan Roh Kudus tidak sama dengan Tuhan Yesus KrisÂŹtus!
2. Kata-kata âdalam nama Tuhan Yesusâ bukanlah formula baptisan! Di sini kata-kata itu berarti âdengan otoritas Tuhan Yesusâ, karena Yesuslah yang memerintahkan untuk membaptis. Satu-satunya formula baptisan, yaitu: âdalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudusâ, yang seharusnya diucapkan oleh setiap hamba Tuhan pada waktu membaptis, hanya ada dalam Mat 28:19. Ini sudah digunakan oleh semua gereja sejak abad I dan tidak boleh diubah oleh siapapun juga!
Ada gereja / hamba Tuhan yang menganggap kata-kata âdalam nama Tuhan Yesusâ di sini adalah formula baptisan, sehingga mereka lalu membaptis dengan mengucapkan: âdalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, yaitu Tuhan Yesus Kristusâ.
Ada 2 kesalahan dari kepercayaan / praktek ini:
1. Kata-kata itu salah secara theologis! Bapa, Anak, dan Roh Kudus tidak sama dengan Tuhan Yesus KrisÂŹtus!
2. Kata-kata âdalam nama Tuhan Yesusâ bukanlah formula baptisan! Di sini kata-kata itu berarti âdengan otoritas Tuhan Yesusâ, karena Yesuslah yang memerintahkan untuk membaptis. Satu-satunya formula baptisan, yaitu: âdalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudusâ, yang seharusnya diucapkan oleh setiap hamba Tuhan pada waktu membaptis, hanya ada dalam Mat 28:19. Ini sudah digunakan oleh semua gereja sejak abad I dan tidak boleh diubah oleh siapapun juga!
b) Apakah di sini terjadi pengulangan baptisan?
1. Ada yang menganggap: tidak!
Untuk ini ada bermacam-macam alasan / penafsiran:
a. Kitab Suci tidak pernah menceritakan pengulangan baptisan terhadap orang yang telah dibaptis dengan baptisan Yohanes.
b. Yesus dibaptis dengan baptisan Yohanes untuk menyamakan diri dengan kita. Kalau baptisan Yohanes ternyata berbeda dengan baptisan kristen, maka baptisan terhadap Yesus itu tidak menyamakan diriNya dengan kita.
c. Kata-kata Paulus tidak berhenti pada ay 4. Ay 5 masih merupakan kata-kata Paulus (Catatan: dalam bahasa Yunaninya, tidak ada tanda petik pembuka / penutup dalam ay 4). Jadi, âmerekaâ dalam ay 5 sama dengan âorang banyakâ dalam ay 4.
Ay 4-5: â(4) Kata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia (Yohanes Pembaptis) berkata kepada ORANG BANYAK, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.â (5) Ketika MEREKA mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
Jadi, setelah orang banyak itu mendengar ajaran Yohanes Pembaptis, maka mereka dibaptis dalam nama Yesus, yang menunjukÂŹkan bahwa mereka percaya kepada Yesus / bersatu dengan Yesus.
d. Ay 5 itu bukan baptisan dengan air, tetapi baptisan Roh Kudus. Ay 6 ditambahkan sebagai interÂŹpretasi dari ay 5.
Ay 5-6: â(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. (6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
Untuk ini ada bermacam-macam alasan / penafsiran:
a. Kitab Suci tidak pernah menceritakan pengulangan baptisan terhadap orang yang telah dibaptis dengan baptisan Yohanes.
b. Yesus dibaptis dengan baptisan Yohanes untuk menyamakan diri dengan kita. Kalau baptisan Yohanes ternyata berbeda dengan baptisan kristen, maka baptisan terhadap Yesus itu tidak menyamakan diriNya dengan kita.
c. Kata-kata Paulus tidak berhenti pada ay 4. Ay 5 masih merupakan kata-kata Paulus (Catatan: dalam bahasa Yunaninya, tidak ada tanda petik pembuka / penutup dalam ay 4). Jadi, âmerekaâ dalam ay 5 sama dengan âorang banyakâ dalam ay 4.
Ay 4-5: â(4) Kata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia (Yohanes Pembaptis) berkata kepada ORANG BANYAK, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.â (5) Ketika MEREKA mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
Jadi, setelah orang banyak itu mendengar ajaran Yohanes Pembaptis, maka mereka dibaptis dalam nama Yesus, yang menunjukÂŹkan bahwa mereka percaya kepada Yesus / bersatu dengan Yesus.
d. Ay 5 itu bukan baptisan dengan air, tetapi baptisan Roh Kudus. Ay 6 ditambahkan sebagai interÂŹpretasi dari ay 5.
Ay 5-6: â(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. (6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
2. Ada orang yang menganggap: Ya!
Macam-macam alasan dan penafsiran:
a. Pada waktu Petrus membaptis 3000 orang pada hari Pentakosta (Kis 2:41), maka orang-orang itu tidak ditanyai apakah mereka sudah dibaptis dengan baptisan Yohanes atau tidak. Bahkan, dalam Kitab Suci tidak pernah ada baptisan kristen yang didahului dengan menanyai orangnya apakah ia sudah pernah dibaptis dengan baptisan Yohanes atau tidak. Jadi, bisa saja terjadi pengulangan baptisan!
b. Tidak ada dasar Kitab Suci untuk mengatakan bahwa baptisan Yesus harus sama dengan baptisan kita. Dan jelas bahwa baptisan Yohanes mempunyai perbedaan-perbedaan tertentu dibandingkan dengan baptisan Kristen.
c. Ay 5 bukanlah kata-kata Paulus, tetapi kata-kata Lukas sebagai penulis kitab Kisah Rasul ini. Jadi jelaslah bahwa kata âmerekaâ dalam ay 5 bukan menunjuk kepada âorang banyakâ dalam ay 4, tetapi menunjuk kepada 12 orang Yahudi yang sedang diinjili oleh Paulus.
Ay 4-5: â(4) Kata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia (Yohanes Pembaptis) berkata kepada ORANG BANYAK, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.â (5) Ketika MEREKA mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
d. Dalam seluruh Kitab Suci, kata-kata âdibaptis dalam nama Yesusâ tidak pernah menunjuk kepada baptisan Roh Kudus. Pasti menunjuk pada baptisan air!
Saya condong pada pandangan ini!
Catatan: baptisan Yohanes boleh diulang, tetapi baptisan kristen tidak! Ada orang yang rela dibaptis ulang karena berpikir: âToh tidak ada jeleknyaâ. Siapa bilang tidak ada jeleknya? Dengan mengulang baptisan, itu berarti saudara menghina baptisan yang pertama!
Macam-macam alasan dan penafsiran:
a. Pada waktu Petrus membaptis 3000 orang pada hari Pentakosta (Kis 2:41), maka orang-orang itu tidak ditanyai apakah mereka sudah dibaptis dengan baptisan Yohanes atau tidak. Bahkan, dalam Kitab Suci tidak pernah ada baptisan kristen yang didahului dengan menanyai orangnya apakah ia sudah pernah dibaptis dengan baptisan Yohanes atau tidak. Jadi, bisa saja terjadi pengulangan baptisan!
b. Tidak ada dasar Kitab Suci untuk mengatakan bahwa baptisan Yesus harus sama dengan baptisan kita. Dan jelas bahwa baptisan Yohanes mempunyai perbedaan-perbe
c. Ay 5 bukanlah kata-kata Paulus, tetapi kata-kata Lukas sebagai penulis kitab Kisah Rasul ini. Jadi jelaslah bahwa kata âmerekaâ dalam ay 5 bukan menunjuk kepada âorang banyakâ dalam ay 4, tetapi menunjuk kepada 12 orang Yahudi yang sedang diinjili oleh Paulus.
Ay 4-5: â(4) Kata Paulus: âBaptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia (Yohanes Pembaptis) berkata kepada ORANG BANYAK, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.â (5) Ketika MEREKA mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.â.
d. Dalam seluruh Kitab Suci, kata-kata âdibaptis dalam nama Yesusâ tidak pernah menunjuk kepada baptisan Roh Kudus. Pasti menunjuk pada baptisan air!
Saya condong pada pandangan ini!
Catatan: baptisan Yohanes boleh diulang, tetapi baptisan kristen tidak! Ada orang yang rela dibaptis ulang karena berpikir: âToh tidak ada jeleknyaâ. Siapa bilang tidak ada jeleknya? Dengan mengulang baptisan, itu berarti saudara menghina baptisan yang pertama!
2) Paulus menumpangkan tangan atas mereka (ay 6a).
Ay 6: âDan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
Banyak orang menggunakan bagian ini untuk mengatakan bahwa supaya seorang kristen menerima Roh Kudus, maka harus ada seorang hamba Tuhan yang mendoakan dan memberikan penumpangan tangan atas dia. Tetapi di atas sudah saya berikan dasar-dasar Kitab Suci yang menunjukkan bahwa setiap orang kristen yang sungguh-sungguh perÂŹcaya Yesus, pasti sudah menerima Roh Kudus PADA SAAT IA PERCAYA! Jadi, jelas bahwa penafsiran ini tidak bisa dipertanggung jawabkan!
Ay 6: âDan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
Banyak orang menggunakan bagian ini untuk mengatakan bahwa supaya seorang kristen menerima Roh Kudus, maka harus ada seorang hamba Tuhan yang mendoakan dan memberikan penumpangan tangan atas dia. Tetapi di atas sudah saya berikan dasar-dasar Kitab Suci yang menunjukkan bahwa setiap orang kristen yang sungguh-sungguh
Ada 2 penafsiran tentang bagian ini:
a) Orang yang menganggap bahwa ay 5 adalah kata-kata Paulus (yang berarti tidak terjadi pengulangan baptisan), menafsirkan penumpangan tangan dalam ay 6a sebagai sidi (pengakuan percaya) dari baptisan Yohanes yang telah mereka terima.
Ay 5-6: â(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. (6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
Ay 5-6: â(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. (6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.â.
b) Orang yang menganggap ay 5 sebagai kata-kata Lukas (yang berarti terjadi pengulangan baptisan), menafÂŹsirkan penumpangan tangan dalam ay 6a sebagai sidi (pengakuan percaya) dari baptisan kristen yang baru saja mereka terima.
3) Roh Kudus turun atas mereka, dan mereka lalu berbahasa roh dan bernubuat (ay 6b-7).
Ay 6-7: â(6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (7) Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.â.
Ay 6-7: â(6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (7) Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.â.
a) Ini adalah sesuatu yang bersifat descriptive [= menggambarkan].
Bagian Kitab Suci yang bersifat didactic [= mengajar] memang harus dijadikan norma / hukum dalam hidup kita. Misalnya: Fil 4:4 dan 1Tes 5:17-18 berlaku untuk setiap orang kristen. Tetapi bagian yang bersifat descriptive [= menggambarkan] sama sekali tidak boleh dijadikan hukum / norma! Dan semua cerita sejarah merupakan bagian yang bersifat descriptive [= menggambarkan]!
Misalnya: Yesus dan Petrus bisa berjalan di atas air. Ini memang betul-betul terjadi, dan Tuhan bisa saja melakukannya lagi pada jaman ini. Tetapi ini tidak berarti bahwa setiap orang beriman harus bisa berjalan di atas air!
Contoh lain: Yesus membangkitkan orang mati, Yesus berpuasa 40 hari, Yesus menyembuhkan orang sakit, dan juga orang yang menerima Roh Kudus lalu berbahaÂŹsa Roh (Kis 2:4 10:44-46 19:6).
1. Kis 2 - ada bunyi angin, lidah api, dan bahasa roh.
2. Kis 10 - hanya ada bahasa roh.
3. Kis 19 - ada bahasa roh dan nubuat.
Tiga peristiwa ini berbeda-beda! Kalau saudara mau menjadiÂŹkannya sebagai norma, bagian yang mana yang saudara anggap sebagai norma? Kis 2, Kis 10, atau Kis 19? Jelas bahwa tidak satupun dari bagian-bagian itu bisa dijadikan norma / hukum! Itu adalah bagian yang bersifat descriptive! Dan karena itu, jangan menggunakan bagian ini untuk mengharuskan orang kristen berbahasa roh!
Bagian Kitab Suci yang bersifat didactic [= mengajar] memang harus dijadikan norma / hukum dalam hidup kita. Misalnya: Fil 4:4 dan 1Tes 5:17-18 berlaku untuk setiap orang kristen. Tetapi bagian yang bersifat descriptive [= menggambarkan] sama sekali tidak boleh dijadikan hukum / norma! Dan semua cerita sejarah merupakan bagian yang bersifat descriptive [= menggambarkan]!
Misalnya: Yesus dan Petrus bisa berjalan di atas air. Ini memang betul-betul terjadi, dan Tuhan bisa saja melakukannya lagi pada jaman ini. Tetapi ini tidak berarti bahwa setiap orang beriman harus bisa berjalan di atas air!
Contoh lain: Yesus membangkitkan orang mati, Yesus berpuasa 40 hari, Yesus menyembuhkan orang sakit, dan juga orang yang menerima Roh Kudus lalu berbahaÂŹsa Roh (Kis 2:4 10:44-46 19:6).
1. Kis 2 - ada bunyi angin, lidah api, dan bahasa roh.
2. Kis 10 - hanya ada bahasa roh.
3. Kis 19 - ada bahasa roh dan nubuat.
Tiga peristiwa ini berbeda-beda! Kalau saudara mau menjadiÂŹkannya sebagai norma, bagian yang mana yang saudara anggap sebagai norma? Kis 2, Kis 10, atau Kis 19? Jelas bahwa tidak satupun dari bagian-bagian itu bisa dijadikan norma / hukum! Itu adalah bagian yang bersifat descriptive! Dan karena itu, jangan menggunakan bagian ini untuk mengharuskan orang kristen berbahasa roh!
b) Jumlah mereka 12 orang. Apakah 12 orang yang berbaÂŹhasa roh dan bernubuat di sini menyalahi 1Kor 14:27-33?
1Kor 14:27-33 - â(27) Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya. (28) Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri DALAM PERTEMUAN JEMAAT dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah. (29) Tentang nabi-nabi - baiklah dua atau tiga orang di antaranya berkata-kata dan yang lain menanggapi apa yang mereka katakan. (30) Tetapi jika seorang lain yang duduk di situ mendapat penyataan, maka yang pertama itu harus berdiam diri. (31) Sebab kamu semua boleh bernubuat seorang demi seorang, sehingga kamu semua dapat belajar dan beroleh kekuatan. (32) Karunia nabi takluk kepada nabi-nabi. (33) Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.â.
1Kor 14:27-33 - â(27) Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyak
Perlu saudara pertimbangkan hal-hal ini:
1. Mungkin saja mereka berbahasa roh secara bergantian.
2. Ini tidak terjadi dalam kebaktian, sedangkan 1Kor 14:27-33 jelas berlaku untuk kebaktian (perhatikan kata-kata âdalam pertemuan jemaatâ dalam 1Kor 14:28).
3. Pada saat itu 1Kor 14:27-33 belum ada!
1. Mungkin saja mereka berbahasa roh secara bergantian.
2. Ini tidak terjadi dalam kebaktian, sedangkan 1Kor 14:27-33 jelas berlaku untuk kebaktian (perhatikan kata-kata âdalam pertemuan jemaatâ dalam 1Kor 14:28).
3. Pada saat itu 1Kor 14:27-33 belum ada!
Kesimpulan:
Mata Paulus yang jeli itu bisa membedakan orang kristen yang sungguh-sungguh dan palsu. Ini menyebabkan ia lalu memberitakan Injil kepada orang kristen yang palsu itu, dan akhirnya orang-orang itu betul-betul percaya dan diselamatkan!
Penerapan:
1) Kita juga harus jeli untuk membedakan orang kristen yang sejati dan yang palsu. Bukan dengan tujuan menghakimi mereka yang palsu, tetapi untuk memberitakan Injil kepada mereka! Maukah saudara?
2) Kalau saudara adalah orang kristen KTP seperti orang-orang itu, tirulah mereka dengan betul-betul datang kepada Yesus!
Penerapan:
1) Kita juga harus jeli untuk membedakan orang kristen yang sejati dan yang palsu. Bukan dengan tujuan menghakimi mereka yang palsu, tetapi untuk memberitakan Injil kepada mereka! Maukah saudara?
2) Kalau saudara adalah orang kristen KTP seperti orang-orang itu, tirulah mereka dengan betul-betul datang kepada Yesus!
-AMIN-